KETERSAMBUNGAN ATURAN BAHASA DAN TATANAN MASYARAKAT (KASUS KOMUNITAS SEKOLAH)

           Sekolah adalah sekumpulan individu dengan latar belakang sosial budaya yang berbeda. Sekolah  merupakan  satu usaha sistematik yang dibuat oleh masyarakat untuk menyampaikan pengetahuan, nilai, sikap dan kemahiran kepada ahlinya. Di sekolah  seorang siswa belajar  untuk menjadi seseorang yang berperanan dalam masyarakat. Siswa dibawah bimbingan guru mempelajari nilai dan norma yang diperlukan untuk memungkinkan seseorang dapat berperanan secara efektif dalam kehidupan sosial. Singkatnya di sekolah siswa belajar  bagaimana cara hidup bermasyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam menyampaikan nilai-nilai kemasyarakatan dibutuhkan  proses komunikasi yang efektif. Betapa pentingnya keefektifan  proses penerimaan dan pengiriman informasi untuk hidup manusia sehingga WIENER dalam Astrid mengatakan untuk dapat hidup efektif orang harus hidup dengan cukup informasi. Dengan demikian maka komunikasi dan pengawasan merupakan bagian yang hakiki, sebagaimanan juga manusia merupakan bagian dari masyarakat.(astrid.1977:3)

            Dalam penyampaian nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat dibutuhkan satu bahasa umum yang dipahami oleh seluruh siswa. Penyeragaman bahasa atau pembakuan bahasa akan mempermudah proses transformasi dan transmisi nilai-nilai kehidupan. Proses pembakuan  kaidah bahasa  dilakukan    di bidang ejaan, lafal, kosa kata dan tatabahasa . Penyeragaman kaidah bahasa akan memudahkan siswa sebagai anggota masyarakat  berkomunikasi dengan bidang lain. Pembakuan bahasa  juga sangat berpengaruh pada pembangunan Nasional karena informasi  dalam bidang ekonomi, sosial, politik dan budaya akan mudah diserap melalui medium bahasa  yang telah dibakukan. Hubungan bahasa dengan pembangunan suatu bangsa sangat erat. Maju mundurnya suatu bangsa bergantung pada penguasaan bangsa itu terhadap bahasa Nasional. Suatu bangsa yang tidak memiliki bahasa Nasional masyarakatnya sulit berkembang. Hal ini dikarenakan bahasa suku bangsanya hanya bisa digunakan sebagai alat komunikasi  dalam lingkungan sosial budayanya saja. Sedangkan untuk komunikasi dengan bidang-bidang lainnya  akan mengalami kesulitan. Bisa jadi masyarakat-masyarakat yang secara sosial budaya boleh dikata  tidak terbelakang, tetapi secara ekonomis, politis, teknologi, industri, serta ilmu pengetahuan tidak maju.(samsuri.1991:35).

            Dalam realisasinya menutut fisman(1968)  dalam Jazir, bahasa baik sebagai bahasa lisan maupun sebagai bahasa tulisan akan merupakan petunjuk tentang jaringan-jaringan antar hubungan dalam masyarakat, peran anggota masyarakat dalam kehidupan bersama ,luasnya hubungan-hubungan yang terjadi dalam masyarakat,  nilai-nilai yang dominan dalam masyarakat dan lambang kebangsaan. Lebih lanjut Fisman mengatakan  bahwa gagasan tentang masyarakat bangsa tidak akan dipahami dengan baik oleh masyarakat bila satu bahasa Nasional yang dikenal dan dikuasai oleh seluruh masyarakat, dan antara pemerintah dan masyarakat tidak ada. Negera yang mempunyai satu bahasa umum yang dikenal oleh seluruh rakyatnya akan lebih maju dalam pembangunan, idiologi politiknya akan lebih aman dan stabil.(jazir.1984:73).

DAFTAR PUSTAKA

Ali, L. (1989). Berbahasa Baik dan Berbahasa dengan Baik. Bandung: Angkasa.

Alwi. H .(2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Badudu, J. (1988). Cakrawala Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

DEPDIBUD, PPPB. (1984). Politik Bahasa Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Kumaravadivelu .B. (2006).Understanding Languageteaching From Method To Postmethod.Lawrence Erlbaum Associates.London

Ma’mur, I. (2010). Membangun Budaya Literasi. Jakarta Pusat: Diadit Media.

Samsuri(1991). Analisis Bahasa. Erlangga.Jakarta

Susanto, A. S. (1977). Komunikasi Dalam Teori dan Praktek. Bandung: P.T Rindang Mukti

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: