Keturunan Chines Juga Banyak yang Berhati Mulia

Kata siapa orang chines hanya memikirkan uang dan bisnis, sepertinya tidak begitu semuanya. Masih ada di antara mereka yang berhati  mulia membantu sesama tanpa pamrih. Ini adalah kisah nyata yang benar-benar terjadi di negeri Indonesia. Padahal waktu itu keadaan Indonesia serba sulit karena perang kemerdekaaan yang memperakporandakan negeri tercinta.

Pada tahun 1945 ada pasangan suami istri datang ke kota  Cirebon dari desa cibogo kabupaten Cirebon . Sang istri dalam keadaan hamil tua dengan hitungan hari bakal lahir  anak manusia dari keluarga miskin. Tekadnya untuk mencapai Rumah Sakit sekuat baja didorong oleh keinginan untuk menyelematkan bayi dalam kandungannya. Hanya berbekal nasi yang dibungkus daun jati dengan lauk pauk seadanya, pasutri ini menuju rumah sakit  berkendara pedati yang di tarik kerbau.

Perlahan tapi pasti akhirnya tibalah padati di rumah sakit.  Kemudian diturunknnya si istri yang kelihatannya semakin lesu. Mukanya pucat pasi menandakan ibu hamil yang kurang gizi, maklum jaman Jepang membuat rakyat Indonesia benar-benar susah. Bisa diibaratkan bagai kerakap tumbuh di batu hidup segan mati tak mau. Ini benar-benar jaman terberat  serba kurang dan serba tidak ada bahan makanan ataupun sekedar yang bisa dimakan.

Menjelang hari Jumat lahirlah seorang bayi mungil di sebuah rumah sakit. Tangis bayi memecah heningnya malam, perawat dan  dokter melanyinya tanpa memperhatika status mereka. Mungkin mereka benar-benar mengerti, memahami dan bertanggungjawab atas sumpah jabatannya. Pasutri yang miskin itu terselamatkan namun untuk memberesakan admistasinya betul-betul tidak mampu. Namun tak terjadi pengusiran  tidak ada perubahan mimik muka dari dokter dan perawat. Pekerjaan kemanusiaan dan pengabdian  pada bangsa dan negera benar-benar mereka laksanakan. Padahal situasi dan kondisi pada waktu itu serba sulit.

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: