Satu Juta Guru Terima Gaji Rp 200.000


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sulistyo, Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia, mengatakan, sekitar satu juta guru di Indonesia hanya mendapatkan gaji Rp 200.000 per bulan.

Sulistyo juga mengatakan, guru-guru tersebut adalah guru honorer atau non-pegawai negeri sipil (non-PNS). Oleh karena itu, Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI mengusulkan kepada pemerintah agar standar minimal gaji guru, khususnya non-PNS, ditetapkan sebesar Rp 3,2 juta per bulan.

“Standar gaji minimal bagi guru sangat dibutuhkan untuk kelayakan hidup keluarga mereka. Terlebih lagi, setengah dari sekitar empat juta guru di Indonesia merupakan guru honorer atau non-PNS,” kata Sulistyo seusai acara pemberian santunan Bumiputera kepada guru di Sekolah Dasar Pangudi Luhur Yogyakarta, Rabu (7/12/2011).

Ia mengatakan, standar minimal gaji guru non-PNS itu penting karena selama ini mereka kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Padahal, pengabdian mereka sama dengan guru yang berstatus PNS.

“Selama ini upaya peningkatan kesejahteraan guru hanya berlaku bagi guru berstatus PNS, yang mendapatkan gaji dan tambahan sejumlah tunjangan, sedangkan hak-hak guru honorer atau non-PNS tidak diperhatikan,” kata Sulistyo.

Kepala Wilayah Bumiputera Yogyakarta Nurseto mengatakan, guru bagi Bumiputera merupakan sosok yang tiada duanya karena para gurulah yang mendirikan perusahaan asuransi tersebut pada 1912. “Dalam rangka menuju perayaan 100 tahun, Bumiputera mengajak beberapa pemegang polis asuransi yang sudah dianggap sukses oleh lingkungannya untuk menyampaikan terima kasih kepada guru mereka yang telah memberikan inspirasi,” kata Nurseto.

dipostkan kembali oleh: ngawulangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: