PROFESI GURU DI SINGAPURA

PROFESI GURU DI SINGAPURA, sekedar perbandingan
By Munif Chatib

Alhamdulillah …saya dapat kesempatan mengunjungi 6 sekolah di Singapura, 4 sekolah negeri dan 2 sekolah Islam swasta. Ada hal yang luar biasa yang berkaitan dengan profesi guru di sana.

Pertama, GAJI GURU.
Kata teman-teman, ya memang tidak bisa disamakan besarnya gaji guru di Indonesia dengan Singapura, kan Singapura negara maju. Indonesia belum. Dalam konteks ini saya ingin membawa pada suasana sebuah visi yang luar biasa, bukan besarnya angka-angka. Saat ini besarnya gaji guru negeri Singapura per bulannya sekitar 6.000 dollar Singapura (1 dollas Singapura = 6.700 rupiah). Sedangkan untuk guru sekolah swasta bervariatif, namun yang paling rendah sekitar 1.800 dollar Singapura.

Dr. Loh, seorang trainer dari dinas pendidikan Singapura bercerita kepada kami bahwa dahulu, tahun 1980, gaji guru di Singapura sangat rendah, namun pemerintahnya memang fokus memajukan dunia pendidikan dari banyak sisi, termasuk yang menjadi prioritas adalah gaji guru. Nah kalau kita balik ke negera kita. Semoga niatan pemerintah baik, suci dan berjalan lancar dengan program kenaikan kesejahteraan guru. Memang kita semua harus tahu dan bersabar, jumlah guru Indonesia dangat besar artinya kesejahteraan itu diberikan secara bertahap. Saya sendiri, sebagai pengamat dan praktisi pendidikan menyadari hal itu.

Namun di satu sisi, saya masih berharap pemerintah dapat melakukan percepatan untuk hal yang satu ini. Mengapa begitu? Sebab dengan pemberitaan informasi yang sangat terbuka dewasa ini, kita semua dapat mengetahui bahwa ternyata negara ini kaya raya, banyak pos-pos dana yang mestinya dapat diprioritaskan untuk pendidikan rakyatnya.

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: