Suara Keras Mengusir Kelelawar Pengganggu


SYDNEY, (PRLM).- Satu koloni besar kelelawar buah yang hidup di Royal Botanic Garden Sydney menjadi hama yang mengganggu dan para pejabat mencoba mengusirnya dengan kebisingan dan suara keras untuk menakut-nakuti mereka. Dan siasat tersebut tampaknya berhasil.

Seperti yang dilansir dari AFP, seminggu yang lalu sekitar 5.000 mamalia kelelawar terlihat menggantung di seluruh taman. Keberadaan mereka seolah menghantui para penduduk dan wisatawan di dekat pelabuhan Opera House. Akan tetapi, menurut direktur eksekutif Royal Botanic Garden, Brett Summerell, kini tersisa 10 kelelawar yang menggantung.

“Sebagian kelelawar sudah diusir dengan berbagai jenis suara. Suara bising dilakukan 45 menit pada pagi hari dan 35 menit pada malam hari,” ucapnya.

Selama 20 tahun terakhir kelelawar juga dikenal sebagai rubah terbang yang menyebabkan kerusakan besar di sekitar taman, dengan lebih dari 28 pohon dan 30 pohon kelapa sawit sudah hilang. Selain itu, lebih dari beberapa ratus pohon telah hilang dan beberapa tanaman rusak serta 60 kritis.

Summerell mengatakan, sebanyak 100 kelelawar telah dilengkapi satelit di lehernya untuk melacak setiap gerakan mereka dan penyebaran mereka di sekitar wilayah Sydney hingga pantai. Bahkan, melacak mereka hingga tempat jauh seperti negara Queensland, sekitar 700 km (434 mil). (afp/CA-07/A-88)***

Dipostkan kembali oleh :ngawulangan

sumber : Pikiran Rakyat Online

One response

  1. informasi membantu dan bertahanlah dalam konten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: