KKG dan MGMP TEMPAT STRATEGIS DALAM PEMBUATAN LEMBAR KERJA SISWA

Mendengar berita di media massa tentang Lembar Kerja Siswa (LKS) bermasalah sangatlah memprihatinkan. Semestinya hal ini tidak terjadi seandainya guru dan pihak terkait dalam dunia pendidikan menjadi filter sebelum Lembar Kerja Siswa sampai di  tangan para siswa. Nasi sudah menjadi bubur kata pepatah dan mencari kambing hitam tidak akan menyelesaikan permasalahan. Ini adalah pembelajaran bagi para guru,KKG, MGMP,  dan Forum MGMP.

            Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah membentuk tim yang melakukan telaah ulang terhadap semua buku-buku lembar kerja siswa (LKS), khususnya mata pelajaran muatan lokal. Kemendikbud meminta sekolah lebih selektif memilih LKS.

            Terlepas dari bisnis sudah sewajarnya kita mencari dan milih Lembar Kerja siswa yang harganya terjangkau oleh siswa. Namun sebelumnya kita para guru harus menganalisis terlebih dahalu materi dalam LKS hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan.

Seperti terjadi pada LKS SD bermula dari kisah ‘Bang Maman dari Kali Pasir’ yang mengandung istilah istri simpanan. Istilah ini terkuak saat Hana (8), siswa kelas 2 SD Angkasa IX, Halim, bertanya pada ibunya, Intan. “Bu, istri simpanan itu apa?” Hal itu membuat Intan terperanjat. Dia terpaksa harus sedikit berbohong untuk menjawab pertanyaan itu. Intan lantas mengalihkan perhatian anaknya.( http://id.shvoong.com/)

Lain lagi dengan kasus LKS di kota  Sukabumi, kasus ini terjadi di SMAN 1 Parakansalak .Dalam LKS tersebut disebutkan satu pertanyaan yaitu ‘Indonesia mengembangkan sendiri ideologi yang dinilai tepat dengan kondisi bangsa Indonesia yang dinamakan?’ Ironisnya, dalam buku pegangan guru jawabannya adalah komunis bukan pancasila. (REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI)

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: